Binguuuung……

kami bukanlah belumlah menjadi orang tua yang sempurna ( gak ada juga yg sempurna kali yak?) untuk si semata wayang ini. masiiiiiihhhhh…. banyak salah dan kurangnya, dan masih terus belajar untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan itu. memang ya, being a parent is a lifelong learning.

terkadang kesalahan dan kekurangan itu bikin kesel bin jengkel, kadang bikin sedih, kadang juga bikin ketawa ngakak. salah satu contohnya yg bikin ketawa ngakak itu adalah yg ini.

sebagai emak yang selalu berusaha membuat si anak mandiri dan berani saya selalu mendorong kakak untuk berani bertanya, berani menjawab pertanyaan, berani mengungkapkan pendapatnya kapanpun. dikeluarga kami kakak dilibatkan dalam proses mengambil keputusan, selalu ditanya pendapat dan masukannya, walaupun keputusan akhir tetap ditangan emak 😛 . dan terkadang pendapat dan masukan yg keluar dari mulut mungilnya membuat saya amazed: kok dia bisa kepikiran kayak gitu ya? saya emaknya gak nyampe kesitu mikirnya 🙄

dan selama ini bapak selalu mendukung saya untuk hal ini. sampai pada suatu hari.

hari itu kakak mengikuti lomba yg disponsori suatu produk disebuah mol. sebelum lombanya dimulai si MC mengadakan kuis tanya jawab sama bocah2 kecil peserta lomba itu. pertanyaan kuisnya ada yg tentang judul lagu, nama binatang, kata bahasa inggris dan matematika sederhana. saya perhatikan setiap kali MC melemparkan pertanyaan, kakak selalu mengacungkan tangannya untuk menjawab, walaupun dia seringnya kalah cepat dengan bocah2 yg lain dalam beberapa kesempatan (tapi ada satu kesempatan dia bisa mengacung paling awal dan mendapat giliran untuk menjawab, jawabannya bener dan dapat hadiah kecil yg lucu 🙂 )

setelah lombanya selesai, dalam perjalanan pulang iseng2 saya nanya si kakak.

#

emak : “kak, tadi emang kakak tau semua ya jawaban dari pertanyaan2 yg dikasih sama MCnya?”

kakak : “gak tuh mak (nada cuek)”

emak : “oh, jadi kakak gak tau jawaban semua pertanyaan itu? tapi kakak kok ngacung terus?”

kakak : “lho, kan mak selalu bilang kalo aq harus berani menjawab pertanyaan, iya kan?”

waduh, salah tanggap nih si kakak kayaknya. terus bapaknya nimbrung.

#

bapak : “lain kali kalo kakak gak tau jawabannya gak usah ngacung untuk ikutan ngejawab ya nak”.

kakak : “duh…. aq bingung, kata emak aq harus berani menjawab pertanyaan. kata bapak kalo gak tahu jawabannya gak usah ikutan. aq ngikut yg mana nih?”

nah lho…..

#

kakak : “pusing pala berbi!”

emak+bapak : ngakak ……. 😆

akhirnya kita jelasin ke kakak bahwa berani menjawab pertanyaan yg dimaksud itu adalah kalo ada orang (guru2, tetangga, sodara, dll) bertanya kepada kakak tentang pelajaran, ato tentang emak dan bapak ato tentang kakak sendiri, kakak harus berani menjawabnya. tapi kalo dalam lomba2 ada pertanyaan yg kakak gak ngerti ato gak tau jawabannya gak usah dijawab. alhamdulillah dia bisa mengerti apa yg kita maksudkan.

moral of the story : jangan berbeda pendapat didepan anak karena anaknya bisa bingung dan ujung2nya ‘pusing pala berbie ‘ :mrgreen:

Advertisements

4 thoughts on “Binguuuung……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s