si ’gigi manis’

rata rata keluarga besar saya (ayah, kakak saya yg nomor 2, ponakan2 saya, adik saya) menyukai makanan/penganan yang manis2. having a sweet tooth runs in a family i guess.

ayah saya yg umurnya sekarang alhandulillah udah hampir 85 tahun adalah orang pertama yg saya notice menyukai makanan /penganan manis. saya masih inget waktu jaman masih kecil dulu, setiap kali ke kota ( kami tinggalnya didesa kecil 😛 ) selalu mampir di holland bakery dan ayah akan memborong bolu gulung aneka isi, roti2 manisnya holland sampe kukis2nya juga. setiap habis magrib biasanya saya, kakak dan ayah suka ke pasar dideket rumah dan kami akan membeli segala macam makanan manis yg ada disana, pisang goreng, martabak, roti (dibakery kampung, tapi enak lho), pinyaram (makanan tradisional dari kampung saya yg rasanya manis legit), macam2.

seingat saya diatas meja makan rumah saya waktu masih kecil dulu selalu ada cemilan manis sebangsa bolu, roti, jajanan tradisional dan saya ingat, ayah suka minum kopi sambil ngemil jajanan manis ini. ayah saya itu minum kopi kayak minum obat, tiga kali sehari, sampe sekarang. dan kopinya harus kopi bikinan sendiri. belio gak percaya rasa kopi bikinan orang lain 😆

dulu waktu saya sempat tinggal di Riau selama 2 tahun, setiap ada tanggal merah atau long weekends saya selalu berusaha kabur untuk mudik karena jarak dari Riau ke rumah ayah saya dikampung cuma 6-7 jam perjalanan darat. jadi kalo saya berangkat habis ngantor jam 5, nanti nyampe dirumah ayah jam 11-12 malam gitu. dan dirumah ayah, saya masih menemukan pemandangan yg sama waktu saya masih kecil dulu: meja makan yg penuh dengan penganan manis yg kata ayah khusus disiapkan untuk menyambut kedatangan saya :-). bahkan kadang ayah suka ngajakin si kakak jajan ke warung depan rumah ato mini market disamping rumah untuk sekedar beli yang manis manis.

dirumah saya sendiri, kulkas dan sepen (lemari penyimpanan) saya selalu menyimpan makanan manis. akan selalu ada coklat, biskuit, roti atopun puding (yg tentu saja semuanya manis) disana. paling banter ada buah2an yg manis dikulkas kayak pepaya, melon, ato semangka. ponakan saya dulu (sebelum dia masuk pesantren yg pulang cuma enam bulan sekali) biasanya suka datang kerumah kalo persediaan makanan manis dirumahnya sendiri lagi kosong, dan begitu juga sebaliknya saya suka kerumahnya dia kalo di rumah saya juga lagi kering makanan manis sementara saya udah sakaw pengen nyemil (rumah saya dan rumah kakak saya hanya berjarak selemparan kolor 😀 ). biasanya cuci mulut saya habis makan bukan buah, tapi kukis ato coklat hehehehe….

kata orang having a sweet tooth ini gak sehat, berbahaya buat tekanan darah dan jantung katanya. tapi ayah saya alhamdulillah sampe sekarang sehat walafiat walopun punya sweet tooth. dan lagian susyah……. banget menghilangkan sweet tooth ini pemirsah……

jadi saya mesti gimana ya 😕

Advertisements

10 thoughts on “si ’gigi manis’

  1. Wah, aku dulu pas kecil *smpe skrg masih kecil sih #ngarep haa* suka makan manis manis juga, tp pas udh nikah sukanya makan yg asin asin krn suami gk suka manis. Mungkin dipengaruhi komunitas jg kali ya mba haha sotoy.

  2. iya kali ya mbak? my partner-in-crime a.k.a bapaknya si kakak sama2 having a sweet tooth juga 😦 pernah sekali waktu kita bela2in jajan ke depan komplek jam 10 malam buat beli kue pukis sama martabak bangka karena lagi sakaw makanan manis dan ngegerogotin tu jajanan bedua ampe kenyang bego 😆 parah…… parah…….

  3. Akuuu juga suka bolu gulungnya hollan btw menurut aku makanan manis tidak perlu di hindari namun di kurangin aja. Pelan pelan dulu jangan langsung bikin kaget nanti.

  4. suka manis-manis gapapa juga kali ya buktinya si ayah juga alhamdulillah sehat. yang penting diimbangi dengan menjaga kesehatan gigi… 🙂

    salam
    /kayka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s