amak

dua hari yang lalu saya sempetin mampir ke makamnya nenek saya yang udah meninggal 8 tahun yang lalu. soale,dua malam berturut2 saya mimpiin nenek. lebih tepatnya, nenek datang ke mimpi saya.

saya memanggil nenek amak, yang dalam bahasa minang berarti ibu, tapi nenek kok dipanggil ibu? yah…. mungkin karena ibu saya selalu membahasakan amak setiap kali berkomunikasi dengan beliau, maka itulah yang terekam dalam benak kami dan kamipun memanggil beliau amak.

sepanjang yang saya inget amak adalah perempuan yang tough, independent dan galak 😂

amak mulai tinggal dengan ayah dan ibu sejak ibu melahirkan kakak saya yang nomor 2. mungkin dalam rangka membantu anak semata wayangnya atau karena gak mau lagi berpisah dengan anak tunggalnya. saya gak tahu alasan yang sesungguhnya dari kepindahan amak kerumah kami.

dan sejak saya dan my siblings merantau melanjutkan pendidikan kami, amaklah yang menemani hari hari kami, sementara ayah dan ibu hanya mengunjungi kami dirumah kontrakan setiap 2 minggu sekali. oh ya, kami semua merantau untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik selepas pendidikan dasar karena ayah selalu dinas berpindah pindah kota dan ayah gak mau sekolah anak2nya juga ganti ganti terus.repot ngurusin pindah sekolah itu lho…

dirumah kontrakan kami, amaklah yang berperan sebagai ayah dan ibu. amaklah yang menjaga kami dan memasakkan makanan untuk kami.

amak terkenal galak dilingkungan kami waktu itu dalam menjaga gadis gadis abg ini. cowok2 tanggung labil yang suka datang kerumah untuk bertemu dengan saya dan my siblings akan berhadapan dan diinterogasi oleh amak terlebih dahulu 😂

saat saya merantau keluar pulau untuk melanjutkan pendidikan saya, amak tinggal dengan kakak perempuan saya yang nomor 1 yang udah menikah saat itu. dan sampai dengan kepergiannya 8 tahun lalu, amak tinggal dengan kakak yg nomor 1 ini. karena kata amak, beliau paling nyaman dirumah kakak saya yang ini 😄

amak meninggal diumurnya yang ke 82 tahun, karena stroke. yah… kakak saya dan kami semua tidak pernah membatasi amak dalam hal makanan yang dikonsumsinya. semuanya dimakan sama amak. dari jerohan, usus isi telur, gule otak, duren, you name it.

tapi sepanjang hidupnya amak gak pernah sakit berat. paling flu atau batuk. mungkin karena amak rajin jalan pagi dan minum susu. itulah dua kegiatan rutin yang tidak pernah absen dilakukan amak.

sampai usianya mencapai 82 tahun itu, amak dalam penglihatan saya tidak mengalami penurunan kesehatan-phisik maupun mental-yang berarti. amak orangnya gak pikun, ngomong dan berdiskusi sama amak lancar2 aja,  pendengarannya masih bagus, begitu juga penglihatannya. hobinya membaca al quran dan koran kompas 😁. mungkin satu hal yang menandai kalau amak udah sepuh adalah, beliau semakin cerewet dan gualak 😂

tahun pertama kepergian amak adalah tahun yg terberat buat saya. amak datang ke mimpi saya hampir setiap malam kala itu dengan setting cerita sehari2 dirumah seperti sewaktu amak masih ada.

tapi semakin saya kuat dan ikhlas dengan kepergian amak,amak semakin jarang mengunjungi saya. hanya di waktu saya kangen atau amak yg kangen, amak akan datang lewat mimpi,seperti dua hari yg lalu.

hang on there amak. i love you and will always have you in my heart. till we meet again ….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s