lu aliran apa?

saya menulis ini tidak bermaksud untuk mencela, menjelek2kan orang lain ataupun berusaha meninggikan diri sendiriย walaupun tinggi saya emang cuma 150 cm ๐Ÿ˜› cuma sekedar bercerita saja.

okeh….. mari kita mulai…..

ini tentang hijab.

saya sudah berhijab sejak saya kuliah ditahun yang kedua. saya dan my siblings mulai memakai hijab ditahun tahun kami mulai kuliah. agak terlambat memang, dibandingkan anak saya dan ponakan2 saya yang mulai memakai hijab mereka secara konsisten diusia belia mereka.

dulu saya make hijab, yah……. hijab gitu deh, standar, tidak seperti yang diwajibkan, tapi bukan juga kayak para hijaber sekarang lho ya, yang pake hijab dimodel model yang terkadang bikin saya bingung dan bertanya tanya, ini maksudnya pake hijab apa ya? gagal paham saya….

dijaman jahiliyah saya itu, saya make jilbab ya sekadar untuk menutup aurat. pokoknya belum dapat hidayah deh tentang gimana seharusnya berhijab yang syar’i dan bener itu kayak gimana.

dan diwaktu saya mulai pake hijab itu pun, temen2 kuliah juga pada heboh melihat penampilan perdana saya. secara mereka gak nyangka kalo saya bakal pake hijab karena dijaman saya kuliah itu hijab juga bukan sesuatu yang populer.

#

ih….itu si bayu (didunia pertemanan saya dulu saya dikenal dengan nama itu ๐Ÿ˜€ ) pake kerudung lho!

#

gak nyangka ya?

#

orang dia tomboy gitu kok bisa pake kerudung ya?

#

udah insap kali?

#

yah… alhamdulillah lah dia pake kerudung..

itulah sebagian komentar komentar yang bermunculan dari temen temen saya dihari pertama saya muncul dikampus pake kerudung. komen komen itu ada yang bikin hati sejuk dan ada juga yang bikin kuping panas ๐Ÿ˜€ tapi saya ya tetap anjing menggonggong khafilah berlalu aja. terserah kaleyan mau ngomong apa, yang penting saya gak mengganggu kaleyan dengan penampilan baru saya ๐Ÿ™‚

seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, saya belajar, dan mendapatkan pencerahan serta hidayah #halah dan makin tahu tentang tata cara berpakaian perempuan muslim yang baik dan benar itu seperti apa.

makaaaaa…..

sudah beberapa tahun terakhir ini saya bertransformasi menjadi ABG ( akhwat berjilbab gede ๐Ÿ˜› ) akhwat yang berpakaian seperti apa yang diharuskan oleh agamanya.

dan inipun menimbulkan kegemparan dikalangan teman dan sejawat dikali pertama saya bertransformasi itu. duh…. ampun deh. can’t you all just leave me alone?

banyak yang bertanya kepada saya tentang perubahan penampilan saya ini. kalau ada yang bertanyanya baik2 dan tulus, saya biasanya akan menjelaskan dan umumnya mereka bisa menerima penjelasan saya walaupun banyak juga yang gak mudeng2 dengan penjelas saya.

suatu hari, dikantor saya yang lama, pas lagi break makan siang, seperti biasanya kita2 maksi ngeriung begitu disambi ngobrol ngalor ngidul dari ujung keujung. tiba tiba, out of the blue, seorang teman perempuan, yang gak begitu dekat dengan saya, bertanya dengan suara lantang.

teman : lu ikut aliran apa sih sekarang? kok jilbabnya jadi panjang begitu? teman teman perempuan disini juga ada yang pada pake jilbab tapi gak panjang kayak lu. lu ikut aliran aliran tertentu ya? hati hati lho, ntar tersesat !

eits…. hampir aja saya keselek mendengar pertanyaan dia dan nada suaranya yang nyelekit itu. saya gak nyangka. dia, perempuan yang mengakunya memiliki agama yang sama dengan saya bisa bertanya dengan nada nyelekit seperti itu kepada saya ๐Ÿ˜• teman2 lain yang lagi makan juga terhenti mendengar pertanyaannya dia.

saya : oh…. gue cuma ngikuti satu aliran saja. al quran dan sunnah. yang mewajibkan kita, para pe-rem-pu-an muslim untuk menjalankan apa yang sudah dituliskan disana tentang cara kita berpakaian.

doi diem. mungkin merasa kesentil secara saya mengeja dan menekankan kata perempuan itu. karena walopun doi muslim tapi cara berpakaiannya wuih……. modern habis! cosmopolitan girl dah ๐Ÿ˜›

jadi, moral of the story: jangan suka ‘ngebantai‘ orang lain ya jeng, karena bisa jadi anda sendiri nanti yang malah ‘kebantai’.ย setiap orang hidup dengan pilihan2nya masing masing. tolong dihargai apabila pilihan mereka tidak sama dengan pilihan hidup anda sendiri. ngak usah kepo dan gak usah snappy juga kali !

Advertisements

10 thoughts on “lu aliran apa?

    • setuju adhya ๐Ÿ˜€ kalo minjem slogannya Song Hye Gyo di Full House nih ‘Aja Aja Fighting’ hehehehe….. eh, adhya tahu gak sih itu drakor? jangan2 dirimu masih sd jaman drakor itu lagi ngehits ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s