F

namanya F, ponakan ke tiga saya dari kakak nomor 2. si bungsu dikeluarga kakak saya itu.

bocah tampan penyayang binatang yang berhati lembut. yang punya segala jenis binatang peliharaan dari jaman dia batita sampai sekarang. dari anak ayam piyik warna warni beli dipasar, sampai burung hantu seperti punyanya harry potter yang dibeli di fancy pet shop. dari segala jenis kucing ras asli sampe kucing lokal. kelinci, marmut, anjing, kura kura, semuanya dia pernah punya.

cita2nya pengen pelihara kuda poni dirumah, tapi gak dikasih ijin sama mamanya. ya kali, pelihara kuda dikomplek perumahan, pegimana caranya 🙄

dari waktu dia bayi sampai sebelum dia menyelesaikan sekolah dasarnya, F banyak menghabiskan waktunya dengan saya. karena saya lama baru mendapatkan S anak saya sendiri, F adalah tempat curahan dan limpahan kasih sayang saya. I love him like my own 🙂

F anak yang penyayang dan berhati lembut, abang terfavoritnya S anak saya. kalau mereka berdua udah ketemu, yang frekwensinya jarang karena F sekolah dipesantren, mereka akan lengket satu sama lain kayak perangko. mungkin karena dari dulu F kepengen punya adek dan S kepengen punya sibling, makanya mereka tak terpisahkan kalau udah ketemu. dimana ada F, disitu pasti ada S. S sering bilang ke saya seperti ini : abang F itu sahabat sejatiku mak 😀

tapi bukan hanya saya dan S saja yang mencintai F. rasanya semua orang yang saya kenal dan mengenal F memiliki perasaan yang sama terhadap F. anaknya memang loveable.

sejak F sekolah di pesantren empat tahun yang lalu, saya ketemu dengan dia hanya pada saat dia liburan semester pulang kerumah, dua kali dalam setahun.

sebelum dia balik ke pesantren setelah menghabiskan liburannya dirumah, saya selalu mengingatkannya untuk selalu berhati hati dan bisa menjaga dirinya sendiri dimanapun dia berada, yang selalu dijawabnya dengan iya mak, insha allah (semua ponakan saya memanggil saya sama seperti S memanggil saya, mak 😀 )

tapi, walau bagaimanapun kita berusaha, takdir Allah tetap berlaku dan itulah yang terjadi dengan F.

hari minggu sore kemaren, sepulang berkegiatan menghadiri sebuah acara diluar pesantren dengan ustad dan teman temannya, F terjatuh dari angkot yang membawanya pulang ke pesantren 😦

astagfirullah ‘al azhim….

lahaula walaquata illabillah….

innalillahi….

trauma kepala. pendarahan otak dibagian depan sebelah kanan.

ya allah ya robbi…. ya rohman ya rohim….

sejak mendapat berita minggu sore itu sampai sekarang saat saya mengetik ini, kami semua serasa berada di dalam sebuah roller coaster yang menjungkirbalikan hati, perasaan dan logika.

tapi satu hal yang saya syukuri adalah kakak saya, mamanya F, bisa menerima semua ini dengan ikhlas dan lapang dada tanpa diwarnai drama, begitu juga halnya dengan kami semua. ini adalah musibah. takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT.

setelah melewati proses prosedur untuk menjalani operasi yang melelahkan lahir dan bathin, alhamdulillah akhirnya F selesai dioperasi jam setengah 10 hari senin malam.

a life saving surgery.

penantian yang rasanya tak berujung selama 5 jam proses operasi berlangsung amat sangat melelahkan jiwa dan raga bagi kami semua. tapi semua itu terbayarkan pada saat tim dokter menyatakan bahwa operasi berhasil dan berjalan dengan lancar, dan F berada dalam kondisi yang baik dan stabil.

alhamdulillahirobbil ‘alamin……. terimakasih atas rahmat, berkah dan karuniaMU kepada F dan kami semua, keluarga terdekat yang sangat mencintainya ya allah.

saya menyadari bahwa operasi ini barulah setengah dari perjalanan panjang yang akan membutuhkan waktu, energi dan kesabaran berlipat lipat dalam proses recovery F nantinya. saya tidak tahu apa yang menanti diujung akhir perjalanan itu untuk F dan untuk kami semua. tapi satu hal yang saya tahu pasti adalah bahwa kami semua akan selalu bergandengan tangan bahu membahu mendampingi F menapaki jalan recovery yang saya tahu tidak akan mudah itu. saya hanya tahu satu hal yang pasti bahwa Allah tidak akan pernah meninggalkan kami dalam menjalani ini semua dan akan selalu memberikan keringanan, kemudahan, kelancaran, kekuatan, keikhlasan dan kesabaran bagi kami semua.

semoga kami semua sekeluarga besar semakin dikuatkan oleh Allah melalui musibah ini.

saya minta doanya ya teman teman, semoga proses recovery F berlangsung dengan aman dan lancar. amiiinnnnn…….

10 thoughts on “F

    • amiinnnn….. terimakasih doanya. alhamdulillah sekarang udah pulang. udah dirumah. sedikit banyak kepulangannya membuat hati kami sekeluarga besar sedikit tenang uda, walaupun proses recoverynya masih akan panjang.

Leave a Reply

