buta huruf

ini cerita yang tersisa dari keseharian saya bolak balik ke RS selama F dirawat disana kemaren.

RS tempat F dioperasi dan dirawat adalah salah satu rumah sakit swasta terbaik di Tangerang, daerah tempat kami tinggal. dokter2 ahlinya terutama ahli bedah syarafnya adalah dokter terbang di rs mount elizabeth singapore juga. makanya rs ini adalah pilihan pertama kakak saya pada saat F dirujuk untuk dokter ahli bedah syaraf.

rumah sakitnya megah dengan pelayanan prima, yang berbanding lurus dengan charge yang mereka bebankan ke keluarga pasien. dokter2nya komunikatif dan suster2nya juga friendly. fasilitas yang disediakan untuk pasien dan keluarga pasien juga nyaman dan memadai.

selama hampir 10 hari F dirawat disana, dari awal masuk di high care kemudian diruang operasi, lalu lanjut di icu dan terakhir diruang perawatan, kami sekeluarga tidak memiliki komplain yang berarti untuk rumah sakit dan semua fasilitas pendukungnya.

tapi satu hal yang mengganggu bagi saya dan keluarga adalah para keluarga pasien lain dan pengunjung dirumah sakit itu.

entah karena tidak tahu atau memang karena cuek bin dableg, rata2 pengunjung yang datang ke rs itu tidak bisa mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh rs, yang ditulis dan dipampangkan ditempat2 yang strategis untuk dibaca. kalau kata saya sih, rata2 pengunjung rs ini pada buta huruf. padahal kalau dilihat dari tampilan mereka, dengan outfit mereka yang kelas menengah ke atas, dengan gadget mahal yang mereka tenteng rasanya gak mungkin kalau mereka pada buta huruf.

contoh kebutahurufan mereka seperti ini.

lift yang disediakan rs ada dua jenis. lift untuk pengunjung dan lift untuk pasien. beberapa kali kejadian, pada saat F harus turun kelantai lain untuk melakukan ct-scan, atau mri atau rontgen, lift yang khusus pasien ini selalu penuh dengan pengunjung. taunya saya mereka pengunjung dari mana? ya tau lah. mereka gak pake seragam suster, atau dokter kok. pakaian mereka menunjukan kalau mereka itu pengunjung atau keluarga pasien. kami selalu harus sabar menunggu lift pasien ini kosong 15 sampai 20 menit setiap kali mau pergi ke lantai lain untuk kepentingan F. padahal jelas2 ditulis disitu : Lift Khusus Pasien ! itu gak liat apa gak bisa baca? kalau gak liat kayaknya gak mungkin karena tulisannya gede dan jelas. berarti mereka gak bisa baca. b-u-t-a  h-u-r-u-f !

contoh berikutnya.

dipintu lift, apakah itu lift pasien ataupun lift pengunjung, juga selalu ada tulisan yang gede dan jelas : dahulukan yang keluar. tapi kenyataannya, berkali kali saya alami, belum juga pintu lift sempurna kebuka, yang diluar udah desak desakan untuk masuk. sementara kita yang didalam jadi susah nyari space untuk bergerak keluar. apakah mereka gak liat tulisan itu atau gak bisa baca? kalau gak liat gak mungkin. wong tulisannya gede dan jelas kok. berarti? ya berarti mereka b-u-t-a  h-u-r-u-f !

terus….

di dalam lift dan juga dipintu masuk ruang perawatan selalu ada tulisan yang membatasi jumlah pengunjung ke pasien. hanya 2 orang pengunjung maksimal. saya mengerti bahwa peraturan ini untuk menjaga kenyamanan pasien juga. tapi yang ada, rata2 pengunjung datang dalam grup lebih dari 3 orang. mengganggu pasien lainnya dengan segala kehebohan dan grasak grusuk mereka. sekali lagi, mereka tidak bisa membaca peraturan yang sudah dituliskan oleh rs ini. sekali lagi, mereka b-u-t-a  h-u-r-u-f !

dan kelemahan rs, orang2 mereka (para security officers yg lalu lalang banyak bener disana) yang seharusnya bertugas untuk mengingatkan ataupun menegur keluarga pasien atau pengunjung yang tidak mematuhi peraturan ini terkesan hanya diam saja melihat hal ini berlangsung 😦

saya pernah menegur pengunjung2 yg melanggar peraturan ini ( dasar mulutnya emang gatel kata adik saya 😛 ) malah dapat pelototan yang bikin keder. duh, tobat….. tobat….. kok yang berbuat salah merasa bener dengan kesalahan mereka ya 😦 sementara kalau saya komplain ke para security officers itu jawaban mereka cuma : iya bu, maaf  😦

ampun deh !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s