Ajal,rahasia Allah…

sepuluh hari sesudah kepulangan ibu mertua, saya mendapatkan berita duka lagi hari ini.

kepala sekolah S, bapak R.A yang saya kagumi dan segani karena sifat kepemimpinan dan mengayominya disekolah meninggal dunia semalam ๐Ÿ˜ญ

rasanya saya seperti mimpi, gak percaya.

beliau masih datang kesekolah 2 hari sebelumnya. masih ngasih pengajian untuk orang tua siswa sehari sebelumnya, dan keesokan harinya beliau pergi ๐Ÿ˜ข

tidak ada yang menduga beliau akan pergi secepat itu. beliau masih muda dan sehat dan tidak punya riwayat penyakit yang mengkhawatirkan.

terakhir ketemu beliau dua bulan yang lalu, saya ngomong,complain, dan curhat tentang sekolah dan segala kebijakannya kepada beliau yg dengan caranya sendiri ditanggapinya dengan tenang dan kalem (yg otomatis menenangkan saya yg lagi esmosi).

beliau masih punya banyak mimpi dan cita2 yg ingin diwujudkannya di sekolah S ini yang diceritakannya kepada saya waktu itu. yang semuanya untuk kemaslahatan dan kemajuan guru dan murid yang ada di sekolah ini.

beliau orang baik yang semua pemikiran dan tindakannya adalah untuk kebaikan semua orang, bukan untuk dirinya sendiri.mungkin karena dia orang baik itulah makanya Allah memanggilnya pulang lebih cepat (kata guru ngaji saya dulu, orang2 baik itu berpulang lebih cepat karena Allah lebih sayang kepada mereka.entah benar entah tidak. wallahualam…..)

selamat jalan pak R.A…….semoga Allah memberikan tempat yang terbaik disisiNYA untuk bapak. semoga Allah menganugrahimu jannahNYA atas segala kebaikan yang telah bapak lakukan kepada orang orang di sekitar bapak selama ini. kami sangat kehilangan bapak ๐Ÿ˜ข.

Advertisements

Farewell ibu….till we meet again

Saat si bapak balik lagi ke rumah setelah bertemu dan kangen2an dengan ibu selama kurleb 2 mingguan, ibu berada dalam kondisi yang baik. udah gak lemes, mau makan, bahkan udah bisa becanda dan dibecandain sama si bapak dan kakak ipar. bahkan ibu sudah bisa beraktifitas seperti sebelumnya.

melihat kondisi ibu yang seperti itulah akhir si bapak merasa mantap untuk balik pulang dan di dukung ibu 100% : pulanglah lai, ibo wak S lamo bana batinggaanย (pulanglah, kasihan S kelamaan ditinggal). begitu kata ibu ke si bapak yang semakin menguatkan hati beliau untuk balik pulang.

sejak saat itu kami memantau keadaan ibu dari rumah.minimal sekali dua hari kami telpon2an saling menanyakan kabar. dan selama itu juga kondisi ibu semakin baik dan membaik.

sampai kemudian telepon dari kakak ipar hari jumat kemaren menyentakan kami semua. ibu sudah pulang, mendahului kami semua.

innalillahi wainnailaihi rojiun…..

rahasia allah memang tidak ada yang tahu ๐Ÿ˜ฅ. selama ini kami mengira, pasca sakit kemaren ibu masih akan lama mendampingi kami. siapa menyangka, ibu yang tadi paginya masih becanda2 sama kakak ipar, siangnya sudah dijemput pulang sama sang pemilik kehidupan. ibu yang sudah sehat wal afiat, mendadak pergi. ibu yg pagi itu masih sempet nyuapin sarapan ponakan saya yg bungsu, pas si bungsu pulang sekolah sang nenek udah gak ada ๐Ÿ˜ฅ betapa maut, rejeki dan jodoh memang rahasiaNYA.

selamat jalan ibu……

semoga allah menyayangi ibu melebihi rasa sayang kami kepada ibu…..

semoga allah menempatkan ibu ditempat yang terbaik di sisiNYA….

semoga allah mengampuni segala dosa dan kesalahan ibu selama ini….

semoga allah mengumpulkan kita semua nanti di jannahNYA…

selamat jalan ibu…. ibu akan selalu ada dihati kami dan insha allah doa2 kami akan selalu mendampingi ibu disana…..

 

puasa = lola ?

sudah beberapa tahun terakhir ini saya suka puasa sunat. baik itu puasa senin kamis ataupun puasa daud, bahkan terkadang puasa yaumil bidh. saya suka berpuasa karena beberapa alasan. pertama alasan ibadah tentu saja. saya ingin mengumpulkan bekal untuk pulang nanti. secara sebagai manusia yang jauuuuh….. banget dari sempurna, saya masih banyak dan sering melakukan dosa : besar, kecil, yang disengaja, tidak disengaja, yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari (duh… tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang, ampunilah hambaMU yg hina dina ini ๐Ÿ˜ฅ ) harapan saya cuma satu, semoga ย ibadah2 sunat yang tidak seberapa ini bisa mengurangi dosa dosa saya yang menggunung itu ๐Ÿ˜ฆ

alasan saya yang lain berpuasa adalah, puasa membuat badan saya sehat ๐Ÿ˜€ beneran lho…. puasa ternyata adalah salah satu cara mendetoksifikasi tubuh dari segala macam racun yang masuk kedalam tubuh (saya pernah baca artikelnya tentang ini tapi lupa dimana dan gak disimpen). dengan berpuasa rasanya tubuh saya jadi ringan dan enteng dibawa begerak kemana mana.yang kata orang kalau berpuasa itu lemes dan males gerak ternyata tidak berlaku untuk saya. saya tetep bisa aktif bergerak dan melakukan rutinitas saya sehari hari. dan berkah lainnya yang saya dapatkan dari berpuasa adalah berat badan saya yang ajeg diangka yang sama ๐Ÿ˜€ yeay ! terkadang kalau ketemu teman yang udah lama gak ketemu, mereka sering bilang lu gak berubah ya bay; atau lu kok kurusan ya sekarang. oalah…. rasanya hati ini gimanaaaa…..gitu mendengar komen mereka yang seperti itu ๐Ÿ˜†

tapi dibalik semua hal yang menyenangkan tentang berpuasa itu, ternyata ada juga sisi negatifnya. iyah…. there’s always two sides of the coin.

menurut temen temen sih, saya agak2 lola kalau lagi puasa kalo udah diatas jam 12 siang ๐Ÿ˜› . butuh waktu untuk mencerna apapun yang diberikan ke saya. kalau lagi gak puasa bisa tuh set, set, set, selesai dan memahami dengan mudah. tapi kalau lagi puasa saya butuh waktu beberapa saat, bahkan terkadang pake nanya dulu sangking gak mudengnya ๐Ÿ˜†

katanya sih hal seperti itu lumrah karena disaat kita berpuasa, perut kosong, pasokan oksigen ke otak tidak maksimal sebagaimana hari hari biasa disaat gak puasa. hal inilah yang menimbulkan ke’lola’an itu.

trus bagaimana saya mensiasatinya agar puasa tetap bisa berjalan dan target kerjaan juga tetap tercapai? biasanya kalau udah merasa mulai lola, saya akan melipir ke toilet dan cuci muka disana. dan hal ini cukup manjur karena terpaan air dingin dimuka akan mengembalikan konsentrasi saya yang tadinya udah mulai buyar. semoga puasa sunat tetap bisa terus berjalan dan kerjaan juga gak keteteran ๐Ÿ˜€

Dia

Biasanya beberapa hari sebelum kedatangannya, saya selalu berada dalam kondisi yang tidak enak.

uring uringan.

tambah melankolis.

cengengnya gak ketulungan.

stok air mata kayaknya gak ada habis habisnya.

jutek bin judes.

mood swing. gak bisa ditebak.

pokoknya disaat saat menanti kedatangan dia itu,ย me so despicable ๐Ÿ˜ฅ

ada banyak orang disekitar saya yang mugkin tersinggung atau sedih dengan prilaku saya itu, but i can’t help it ๐Ÿ˜ฆ karena saya sendiri juga tersakiti dengan semua prilaku saya itu ๐Ÿ˜ฅ

saya bukanlah saya yang biasa disaat saat itu. itu bukan saya. itu alien dari antah berantah yang mengambil alih tubuh dan pikiran saya ๐Ÿ˜ก

dan saat saat menanti yang terkadang dipenuhi amarah dan cucuran air mata itu biasanya berlangsung sekitar 1 atau 2 hari.

setelah dia datang dan berlalu, saya seakan tersadar dari trance dan melihat semua kerusakan yang sudah terjadi dengan deraian air mata lagi #dasarcengeng. what have i done? i shouldn’t have said that ๐Ÿ˜ฆ

seperti biasa juga, saya akan berjanji didalam hati untuk tidak mengulangi lagi semua ini, menjadi sedikit lebih dewasa menanti dia di bulan yang akan datang. tapi seperti biasa, janji janji itu tinggal janji. skenario yang sama akan terulang kembali disaat saya menanti kedatangannya bulan berikutnya.

duh pms, mengapa engkau menyiksaku begitu rupa ๐Ÿ˜ฅ

banyak nasehat yang sudah saya dapatkan untuk mengantisipasi masa masa penantian ini. ada yang bilang perhatikan asupan makan biar sang hormon tetap terjaga. yang lain bilang banyak banyak zikir dan baca al quran. ada lagi yang bilang banyak banyak olah raga sebelum dia datang (nasehat yang tidak pernah saya lakukan secara saya mualesnya minta ampun untuk berolahraga ๐Ÿ˜ฆ )

nasehat2 itu sudah saya laksanakan kecuali yang tentang olahraga, tapi hasilnya gak ngepek. saya tetep aja berubah jadi alien.

jadi sekarang2 yang saya lakukan adalah memberi peringatan kepada lingkungan sekitar a.k.a S dan si bapak : jangan deket2 mak dulu 1, 2 hari ini ya, daripada nanti kita semua bercucuran airmata.

biasanya si bapak bisa dan sudah paham dengan peringatan ini. nah yang agak sulit adalah S. secara dia akan terus bertanya tak putus2 tentang itu. doh….. susahnyo menjelaskan ke manusia kecil ini. diberi penjelasan singkat dia gak mudeng, nanya terus. dijelasin panjang kali lebar dia juga belum bisa mudeng. ya sudah, kalau sudah begitu biasanya dia saya tinggal pergi sambil bilang mak kebelakang dulu yaย sambil menyibukkan diri berlama lama sampai kira kira si bocah udah lupa dengan pertanyaan2nya ๐Ÿ˜€

 

A new beginning

sewaktu kepindahan kami dari pekanbaru ke ibukota yg serba mendadak beberapa tahun yg lalu dikarenakan kabut asap,saya tidak terlalu memberikan perhatian detil ke perusahaan tempat saya melamar. pemikiran saya waktu,yg penting ada dan dapat pekerjaan dulu.

maka terdamparlah saya di perusahaan ini. diawal2 bekerja disini saya menikmatinya. pekerjaan baru dengan bidang baru yg completely different dengan bidang pekerjaan saya sebelumnya.

tapi seiring dengan berjalannya waktu dan semakin dalam saya terlibat dengan perusahaan,saya mulai menemukan hal2 yg bertentangan dengan hati nurani saya, bahkan againts my belief ๐Ÿ˜ข. saya jadi gamang, saya limbung.

dalam setiap sujud saya di malam2 yg hening, saya ย tumpahkankan semuanya kepada Sang Pemilik Kehidupan saya. memohon meminta petunjuk dan solusi atas semua kegalauan saya tentang bekerja di perusahaan ini. karena saya tahu hanya DIA lah satu2nya yang akan bisa membantu saya. dan setelah sekian lama, akhirnya saya diberikan ketetapan hati.

setelah berdiskusi panjang kali lebar dengan si bapak, saya akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan ini.

seberapapun nyamannya dan menyenangkannya bekerja di perusahaan ini, tapi kalau dengannya saya tidak mendapatkan ridho dari Allah, saya tahu saya tidak akan mendapatkan keberkahanNYA. padahal dalam setiap doa saya, saya selalu mendambakan ridho, rahmat dan berkah dari NYA.

jadilah kemudian saya menghadap bos besar, mengutarakan keinginan saya untuk quit dari perusahaan ini disertai dengan alasan2nya. lama beliau tercenung setelah mendengar penjelasan saya. dan mashaallah…….maha besar, maha pengasih dan penyayangnya ENGKAU ya ALLAH, si bos menawari saya untuk menghandle bisnis barunya yang beliau jamin tidak akan bertentangan dengan hati nurani saya maupun belief saya.

saya kaget, saya excited, dan diatas segalanya saya melihat dan merasakan ย betapa besarnya nikmat dan karunia yang diberikan allah kepada saya hanya dikarenakan niat saya yang ingin menempuh jalan yang lurus yang diridhoiNYA.

setelah berdiskusi lagi dengan si bapak,akhirnya saya menerima tawaran bos besar.dan a new battle akan saya hadapi lagi karena bisnis baru bos besar ini adalah hal yang baru juga buat saya.saya harus belajar, started from the scratch.dan seperti yg dibilang si bapak,orang2 mungkin akan memandang rendah dan bahkan mungkin akan mencemooh keputusan yang sudah saya buat ini.tak apalah, saya toh tidak membutuhkan apresiasi dari mereka dan saya tidak harus menjelaskannya juga kepada mereka.saya cuma ingin menelusuri jalan lurus yang diridhoi dalam hidup saya.jalan yang akan menuntun saya ke jannahNYA insha allah.

dan jalan yang sudah saya pilih ini akan mulai saya tapaki minggu depan ๐Ÿ˜ . semoga saya akan selalu diberikan keringanan dan kemudahan oleh NYA, dan semoga saya akan selalu bisa istiqomah hidup di dunia yg penuh dengan godaan yang gemerlap ini.