hati nurani

#

suara 1: ih,kasihan kakek itu.udah sepuh banget masih harus jualan pisang dipikul begitu.berat amat kayaknya.beli ah,itung2 ngebantu si kakek.

suara 2:ntar aja beli pisangnya.beli dulu yg mau dibeli tadi.kakek itu pasti juga masih lama nongkrong di situ.nanti selesai belanja dia juga masih akan ada disana.

realita: pas selesai belanja kakek itu udah gak ada.udah keliling lagi kata orang sekitar 😢

#

suara 1: ntar malam ada pengajian ibu2 komplek dirumah bu G yg diujung gang.harus dateng nih kayaknya secara minggu kemaren gak dateng karena S sakit.

suara 2: gak usahlah datang kepengajian itu.ntar orderan buat besok gak keburu lho.habis ngaji kan ibu2 itu biasanya banyak nanya2 dan ngobrol dulu sama ustadnya.ntar pulangnya kemaleman orderannya keteteran.

realita: malam itu gak ngaji tapi ngerjain orderan yg ternyata bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 jam saja.yg artinya,walaupun tadi pergi ngaji,orderan buat besok tetep bisa kelar sebelum waktu tidur datang 😥

#

suara 1: habis ngejemur ini,harus bersih in kamar mandi nih.udah mulai licin lantainya.takutnya nanti ada yg jatoh.

suara 2: istirahat dulu habis ngejemur ini.capek kan? rebah rebahan dulu sebentar.

realita:rebahan yg rencananya cuma sebentar molor sampe hampir 1 jam.bersih in kamar mandi akhirnya gak jadi hari itu.deg degan dan wanti wanti orang serumah.semoga gak ada yg jatoh 😧

#

suara 1: wah…udah jam 1.30 nih.sholat malam dulu ah mumpung kebangun dan ada waktu.

suara 2: ntar aja sholat malamnya.tidur aja dulu sebentar lagi.sholat malam jam 3 an atau deket deket subuh malah lebih bagus lagi.

realita: tidur sebentar lagi katanya itu ternyata bablas sampe subuh.gagal deh sholat malamnya 😩

cerita diatas adalah pengalaman pengalaman yg sering saya alami dalam keseharian saya.

sering terjadi saya mengabaikan si suara 1 dan lebih mengikuti si suara 2 (yg akhirnya saya sesali 😖).

saya mengasumsikan suara 1 sebagai kata hati yg paling dalam. hati nurani saya yang selalu menuntun ke kebaikan dalam hal apapun.

sementara suara 2 adalah godaan syaitan yang akan selalu berusaha membelokkan saya dari jalan kebaikan itu.

dari situ semua saya belajar untuk selalu mendengar dan mengikuti si suara 1 walaupun terkadang susah dan beratnya minta ampun.apalagi kalau mood lagi di dalam roller coaster.Doh…si suara 2 itu volumenya terkadang lebih kenceng,ngalahin si suara 1.

tapi walau bagaimanapun, saya akan selalu berusaha mengikuti si hati nurani yang akan selalu menyuarakan dan menuntun ke jalan kebaikan.

 

Advertisements

5 thoughts on “hati nurani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s