Silkworm

saya sedang membaca buku keduanya Robert Calbraith : silkworm. Robert  Calbraith ini adalah nama penanya J.K Rowling yg terkenal itu untuk novel seri detektifnya dengan si main character Cormoran Strike dan asistennya yang pintar Robin Ellacott.

tidak,saya tidak akan mereview bukunya disini karena buku itu belum selesai saya baca. tapi pastinya buku ke dua ini sama brilliantnya dengan buku pertama : The Cuckoo’s Calling.

ada satu hal yang saya temukan di buku ini yang membuat saya tersentak, dan yang menjawab pertanyaan saya selama ini.

di halaman 52,ada dialog antara si asisten dan sang detektif tentang ulat sutra.

robin si asisten menjelaskan kalau ulat sutra itu nama latinnya adalah bombyx mori.dan untuk mendapatkan sutra dari ulat ulat ini,manusia – pelaku bisnis -biasanya merebus mereka hidup hidup 😭

terjawab sudah pertanyaan yg bercokol dikepala saya selama ini.

dulu saya pernah nonton sebuah acara di tv lokal yg membahas industri skala kecil ulat sutra yang produk akhirnya adalah kain sutra.dari awal diperlihatkan bagaimana mereka membiakan,merawat,dan membesarkan ulat2 itu sampai jadi kepompong.diliatin juga bagaimana mereka merebus kepompong2 tersebut dan memintal serat sutra yg keluar dari kelompong yg direbus.waktu itu saya bertanya2: ulat2 itu dikemanain ya sewaktu kepompongnya direbus?? karena tayangan tersebut tidak membahas tentang nasib si ulat.

ternyata…..

ulat2 itu direbus hidup hidup agar supaya kepompongnya tidak rusak kalau mereka meronta keluar yg tentunya akan menpengaruhi kwalitas benang sutranya nantinya.

betapa kejamnya manusia 😭😭😭

saya tidak pernah punya dan tidak pernah memakai barang2 yg menggunakan kain sutra, dulu dan sekarang, karena saya tahu harganya mahal bingits. dan sekarang saya punya alasan yang lebih lagi untuk tidak akan pernah membeli ataupun memakai produk2 yang menggunakan kain sutra, dikarenakan adanya penderitaan yang tak terperi (yg dirasakan ulat2 itu) dibalik keindahan yg dihasilkannya 😧

5 thoughts on “Silkworm

  1. gak ira 😥 di alam bebas kupu2 emang keluar dari kepompong,tapi di industri, kepompong yang seperti itu udah gak bisa diambil lagi benang sutranya.

  2. Wah, baru mba T_T
    Alhamdulillah selama ini memang ga punya kain sutra

    Btw, saya juga suka novel detektif dan udah baca the Cuckoo’s Calling 🙂
    Dan JK Rowling berhasil menipu saya karena ga berhasil nebak siapa pembunuhnya hehehe D

Leave a Reply

