eating booster

saya tipe manusia yang males makan. males ngunyah tepatnya. menghabiskan dan mengunyah sepiring makanan itu adalah sebuah perjuangan buat saya. makanya saya kalau makan lengkap itu cuma 1 kali aja sehari, makan siang. dua jam makan lainnya saya lebih memilih yang gampang ditelan dan gak terlalu membutuhkan usaha untuk mengunyah kayak oat atau buah atau roti empuk menul menul 😂

tapi……

walaupun gak terlalu suka makan, ada satu jenis masakan yang akan membuat mata saya berbinar dan melupakan perjuangan mengunyah saat memakannya.

masakan itu adalah jambal balado 😍 .

dan jambal balado yg paling enak dan paling pas di lidah saya itu cuma bikinan kakak saya, mamanya F. paling enak karena ga terlalu pedes dan dia milih jambalnya pinter, jadi pas dimasak itu rasanya enak banget, lumer di mulut #nulissambilngencesngebayanginjambalbalado.

padahal jambal balado yg dia bikin sederhana banget. cuma jambal pake kentang dibaladoin, kadang ditambah in pete (saya gak makan petenya. gak doyan bok…). tapi rasanya makyus top markotop !!

kakak saya ini tahu banget kalau saya pencinta jambal balado bikinannya. jadi setiap kali doi masak jambal pasti woro2 saya lewat whatsapp : iek…ada jambal balado nih. yuk…..makan sini. wah….itu adalah message terindah bagi saya 😂. langsung deh cus ke rumahnya. dan baiknya kakak saya ini, pulangnya nanti (setelah makan kenyang di rumahnya) saya akan dibekelin jambal balado untuk dibawa pulang  😍 #nikmatallahmanalagiygengkaudustakan. karena doi tahu saya gak pernah bisa masak jambal balado seenak masakannya,walapun saya udah diajarin step2 bikinnya (yg gampang banget!), udah liat langsung pas doi bikin, bahkan pernah bawa bahan2nya langsung dari rumah dia untuk saya praktekin dirumah, tapi tetep aja hasilnya gak pernah sama rasanya dengan yg dia bikin.kezel 😬

kalau kata si bapak : ya iya lah gak sama rasanya. orang kamu pengennya yang gratisan dan gak perlu susah payah kepanasan di dapur bikinnya. ih….bapak, gitu amat ngomongnya 😵 #tapiemangbener.

awas ya bapak. ntar liat aja. saya akan bisa dan berhasil membuat jambal balado seenak bikinannya mamanya F. biar gak usah nunggu undangan dulu untuk makan jambal balado enak. biar bisa makan jambal balado tiap hari. tapi ekspektasi nya jangan terlalu tinggi kepada saya ya bapak, karena jambal balado enak itu entah kapan akan bisa terhidang di meja makan kita sendiri, secara emak kan sibuk dan rempong terus bawaannya, jadi waktu untuk praktek bikin jambal balado gak banyak #ngelesdotcom. jadi untuk sementara waktu kita tetap nunggu undangan makan jambal balado dari mamanya F dulu aja ya bapak 😜.

 

 

12 thoughts on “eating booster

    • resepnya kakakku gak pake ukuran2 mar, se ingin-nya aja 😂:
      – jambal yg bagus (hanya dia dan tuhan yg tahu jambal yg bagus itu kayak gimana 😂😂, aq gak ngerti).potong2.
      – kentang, kupas, potong2 (kentang 2x lipat jambalnya banyaknya).
      – biji pete (se inginnya)
      – bawang merah, iris tipis
      – tomat, potong2
      – cabe giling
      – gula
      – garem

      cara:
      – goreng jambal sampe kering,sisihkan.
      – goreng kentang dengan minyak bekas goreng jambal tadi.jadi enaknya jambal masuk kedalam kentang (kata doi), sisihkan.
      – tumis bawang merah dg sedikit minyak bekas gorengan jambal dan kentang sampe harum, masuk in pete, tunggu sampe petenya harum dan layu.
      – masuk in tomat yg udah dipotong2.tunggu sampe tomatnya layu.
      – masuk in cabe giling.masak sampe mateng cabenya (sampe udah gak bau langu lagi)
      – kalau baunya udah wangi, tambah in gula dan garem secukupnya (disini aq yg gak pernah pas. secukupnya kakakku kayaknya gak sama dengan secukupnya aq.makanya jambal balado bikinanku gak seenak bikinannya dia).
      – terakhir masuk in jambal ama kentang yg udah digoreng tadi.aduk2 sampe semuanya rata kena gorengan cabe.
      – siap dinikmati.

Leave a Reply

