Cara praktis makan sayur

saya native minang, tapi tidak terlalu mengidolakan masakan minang kayak rendang, dendeng batokok,gule ayam,gule kepala ikan dan semua masakan yg pekat dengan santan dan bumbu2nya itu.bukan berarti saya gak suka ya. suka juga.cuma kalo saya beli/bikin masakan padang pasti serba minimalis pemakaian santan dan bumbu2nya.

saya lebih menyukai masakan sunda sederhana seperti sayur asem, tahu tempe, pepes, ikan asin, sambel dan gak ketinggalan lalapannya. atau masakan jawa lainnya kayak pecel madiun atau karedok (gak heran dulu teman2 kantor menjuluki saya si lidah padang murtad ). saya pencinta sayuran. kalo makan gak ada sayurnya saya suka uring2an.

Beda ama si bapak. dia mah minang sejati.cintanya setengah mati sama masakan padang.dalam seminggu harus ada minimal 1 masakan kampung halaman yg terhidang di meja makan. kalo gak dia yang uring2an secara di hari2 lain dalam seminggu itu si bapak manut makan apa2 yangย sempet saya masak yang rata2 bukan masakan padang ๐Ÿ˜†

tapi dari setiap masakan yang saya bikin, bapak jarang menyentuh sayurnya. karena doi gak terlalu suka sayur. ketidakterlalusukaan (doh...bahasanya kok susah amat yak ) ย pada sayur ini ternyata berhubungan dengan nurturenya si bapak . keluarga besarnya si bapak juga gak menempatkan sayur sebagai sebuah keharusan dalam keseharian menu mereka.

jaman masih tinggal di Pekanbaru dulu dan seringkali mudik kalo ada ย tanggal merah ke kampung halaman, setiap kali nginep di rumah ibu mertua, saya juga sering uring2an setiap kali jam makan tiba. karena selalunya hasil masakan ibu mertua dan kakak ipar adalah masakan tradisional minang yang gak jauh2 dari santan dan bumbu pekat, minus daun2an alias sayuran. mau makan gimana gak makan juga gimana ๐Ÿ˜ฆ ntar kalo saya gak ikutan makan atau milih eating out di luar bisa2 ibu sama kakak ipar tersinggung. iya toh? tapi dulu itu biasanya sebelum jam makan tiba, saya akan ngider dulu sekeliling rumah ibu metiki daun2 muda kayak daun singkong, daun pepaya, daun ubi atau daun mengkudu yang akan saya kukus/rebus untuk dimakan sebagai lalapan.tapi , daun mengkudu mudanya dimakan mentah aja. rasanya kayak lalapan jengkol muda atau pete gitu.

nah, secara dari kecil si bapak gak terlalu suka sayur dan sekarang karena udah mulai berumur, saya berusaha menyisipkan menu sayur dalam keseharian kami. tapi ya itu, jarang disentuh sayurnya ๐Ÿ˜ฆ

sampai akhirnya beberapa bulan yang lalu, si istri yangย berusahaย sholeha ini menemukan cara yang maknyos bagi si bapak untuk menikmati sayur. tada……!!

Jpeg

iya, pake tepung bumbu ituh dan bikin bakwan ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

tepung ini sangat praktis karena saya bisa memasukan sayuran apapun kedalamnya dan hasil bakwannya tetap laris manis dikunyah sama si bapak dengan komentarnya yg cuma dua kata saja : enak nih, sambil mulutnya sibuk mengunyah tanpa memperhatikan kalau yang dia kunyah itu adalah sayuran yang biasa saya masak dan jarang dia sentuh ๐Ÿ˜†

case closed then !

tapi keseringan makan gorengan gak bagus juga ya karena minyaknya bisa menyebabkan kolesterol tinggi ๐Ÿ˜ฆ tapi mudah2an nanti saya dapat ide yang lain lagi untuk masalah perminyakan ini.

PS : Ini bukan postingan berbayar . sekedar sharing aja atas masalah saya dan solusinya.

8 thoughts on “Cara praktis makan sayur

  1. Jadi mikir Mbak, gimana ya cara nyisipkan sayuran ke dalam makanan. Kalo telur dadar gitu doyan gak? Waktu kecil mamiku masak telur dadar tapi dicampur sayuran yang banyak, bumbunya kecap asin. Atau masak nasgor/mie goreng, sayurnya dibanyakin hahahaha. Kalo saya sih suka banget sayur apalagi cah sayur pake bawang putih itu aja udah enak jadi gak mikir2 gimana masukin sayur ke diet saya. Malah kebalikan Mbak, saya nggak doyan bakwan… hehehe.

    • Secara aq suka sayur,setiap masak apapun aq cemplungin sayur mar.udang goreng mentega,aq tambah in kapri ato kacang panjang.sop ayam,lebih banyak sayur2annya daripada ayamnya.gule ayam yg santannya minimalis,aq tambahin wortel ama labu siem.pecel ayam/lele,lalapannya beraneka ragam.tapi ya itu.semua sayur2an itu disisihin di pinggir piring sama si bapak dg bermacam alasan : sayurnya kurang mateng; bumbu gak ngeresep ke sayur; sayurnya gak cocok sama masakannya.cape deh ๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“
      Gampang nyisipin sayuran dalam masakan mar.kadang idenya impromptu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • untuk saat sekarang, baru bisa ‘maksa’ si bapak makan sayur lewat bakwan mar ๐Ÿ™‚ semoga nanti2 doi jadi terbiasa dengan rasa sayur2an di bakwan itu dan mau makan sayur dalam bentuk sayur seutuhnya ๐Ÿ˜†

  2. Aku banget itu mbak : ga doyan sayur. Makan sayur juga baru2 ini dan karena terpaksa.
    Baca ini aku jadi pingin makan masakan padang dengan sambel ijonya. Duh ya ampun enak kali ya.

Leave a Reply

